Tau Sejarah Honda C50 C70 C90 dan seterusnya (Cub-Series) ? Yuk dibahas sama Modifikasi nya Part 1



Gmon Custome - Pasti sobat kenal kelusarga motor yang satu ini kan ? pasti tentunya . Motor keluaran Honda yang satu ini memang banyak beredar dikalangan masyarakat kita, mulai dari C50 C70 C90 sampai Supra. Kali ini kita akan membahas semua sampai tuntas ya . Memang walaupun agak tidak penting tapi gak apa-apalah namanya juga belajar, buat yang punya juga biar tau lebih jelas lagi tentang motor kesayangannya.

Baru baru ini meamang motor ini lagi booming dikalangan anak muda, seperti bangkit dari kubur gitu. walupun sih sejak dulu sudah banyak yang suka sama motor ini, tapi seiring ke sini makin booming soalnya keren gitu pas di naikin kaya kembali kejaman dulu kaya ada aroma klasik yang kental. Banyak juga motor yang sejenis tapi di downgrade alias dijadulin kaya motor Honda 800, Grand, Star, dan Prima banyak dirombak menjadi C70 . Memang dari segi segi chasis dapat dikatakan sama, Begitupun juga mesin yang hampir sama satu sama lain. Tapi sebelum kita membahas semua itu mari kita bahas yang pertama yaitu C50

Super Cub Gen 1


Motor ini dijuluki Honda Unyil dengan ciri khas lampu yang berada di depan du bagian dada motor,  dan mesin 50 cc. Sebenarnya motor ini dipasarkan dengan 3 tipe yaitu  C50, C80 dan C100 dan lahir pada tahun 1958, namun Honda C50 hadir di Indonesia pada tahun 1961.

Super Cub Gen 2



Tahun 1966 Honda merombak kembali motor andalannya baik segi mesin dan body dari yang sebelumnya. dan keluarlah Honda C50, C70 dan C90 [C90 menggunakan kopling]. identitas cub gen 2 ini juga terdapat di posisi headlamp yang menyatu dengan setang. Honda ini juga sering disebut orang  sebai Honda Pispot dikarenakan jok yang mirip pispot dan terpisah dengan belakang. Cub generasi kedua akhirnya berhenti di tahun 1973

Super Cub Gen 3



Pada generasi ini memeng tidak banyak perubahn hanya perubahan yang paling terlihat adalah kunci kontak yang berada di dekat setang, Jok boncenger dan rider menjadi satu dan setangnya kini berbentuk V. Generasi ini sering kita juliki sebagai Honda Pitung yang berarti Pitungpuluh atau Tujuhpuluh

Nah inilah spesifikasi dari Honda C50 dan C70

Spesifikasi dari Honda C50
Mesin: 4-stroke, OHC, 1 silinder
Kapasitas mesin: 49,5 cc (50)

Diameter x langkah: 39 x 41.4 mm
Rasio kompresi: 8.8 : 1
Max. power: 4.8 bhp @ 10000 rpm
Max. torsi: -
Transmisi: 3-speed (N-1-2-3)
Karburator: Keihin
Pengapian: Platina
Battery/accu: Aki 6V
Starter: kick

Dimensi:
Panjang x lebar x tinggi: 1805 x 635 x 762 mm (71 x 25 x 30 inc)
Jarak sumbu roda:
Kapasitas tangki: 3 liter
Berat: 69 kg

Suspensi:
- depan: leading link
- belakang: swing arm, double shockbreaker
Ban:
- depan: 2.25-17-4PR
- belakang: 2.50-17-6PR
Rem:
- depan: tromol
- belakang: tromol
Spesifikasi dari Honda C70
Mesin
Tipe mesin : 4 stroke, satu silinder 10ยบ dari sumbu horisontal, SOHC
Rasio kompresi : 8.8 : 1
Transmisi : 3 gigi percepatan
Volume silinder : 72 cc
Diameter x Langkah : 47 mm x 41.4 mm
Tenaga maks : 4.5 kW / 9000rpm
Torsi maks : 5.2 Nm (0.53 kgf/m) / 7000rpm
Tipe kopling : Wet multiplat, sentrifugal clutch
Klep : 2 klep / silinder
Sistem bahan bakar : Karburator Keihin

Kelistrikan
Pengapian : Platina
Battery : Aki 6V (Yuasa 6N11-2D)

Dimensi
P x L x T : 1180 x 640 x 760 mm
Dry weight / Berat kering :  72 kg
Jarak sumbu roda : 1180 mm
Kapasitas tangki : 4,8 liter
Ban depan : 2.25 x 17"
Ban belakang : 2.50 x 17"

Salah satu gambar dari modifikasi C70 dari yang biasa sampai yang JAHATTTTTTT









11 Komentar untuk "Tau Sejarah Honda C50 C70 C90 dan seterusnya (Cub-Series) ? Yuk dibahas sama Modifikasi nya Part 1"

antap...informasinya sangat bermanfaat



Mari bergabung dengan website www.sipilpoin.com yang memBahas Kumpulan Ilmu Proyek Konstruksi Bangunan. Saling share ilmu dan pengalaman dalam dunia konstruksi banguanan.
Demi kemajuan dunia konstruksi INDONESIA.
ilmu konstruksi bangunan
..........
Silakan Join dengan cara klik " SUBSCRIBE" untuk langganan email.
.........
atau
.........
Klik tombol Follow ...
............

wah penikmat motor lama. wkwk. ane request sejarahnya honda Gl max/pro gan hehe

Wahhh nice info , tambah wawasan nihh

motor ini udah setara sama motor anak kecil dirumah saya ,hehe karena ini adalah awal dari sejarah .

wah lumayan nih artikel buat nambah nambah wawasan

wah lumayan nih artikel buat nambah nambah wawasan

modifnya keren2 gan, thanks infonya

modifikasinya keren keren nih mantab, antik antik

waah, jadi barang antik tuh sekarang...

Jadi unik tuh klo dah di modifikasi namun motor antik enaknya dikoleksi jangan dijual

Recent Post

Back To Top